Eti Nurhayati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Teaching English Through Songs

Teaching English Through Songs

By : Eti Nurhayati,S.S.,M.Pd

Mengajar Bahasa Asing di kelas tujuh tidak mudah, lho…karena memang para siswa baru mengenalnya. Memang ada sih yang di SD nya belajar Bahasa Inggris, namun masih jarang. Apalagi siswa dari SD yang terdapat di daerah- daerah yang guru kelasnya sudah repot dengan mengajar beberapa mata pelajaran lainnya, sedangkan guru yang secara khusus mengajar Bahasa Inggris tidak ada. Sudah bisa dibayangkan pembelajaran Bahasa Inggris terbengkalai, tidak ditangani dengan baik. Hal tersebut berdampak pula terhadap kurangnya antusias mereka dalam Kegiatan Belajar Mengajar di kelas yang saya ajar.

Dari pengalaman itulah, sedikit demi sedikit saya mulai memikirkan dan menerapkan langkah- langkah yang mesti ditempuh, tentunya yang tidak menyimpang dari program. Sebagai langkah awal saya mencoba mengambil hati mereka agar mereka suka. Ya… cerita- cerita dikit tentang pengalaman dulu ketika saya belajar Bahasa Inggris, mengingatkan mereka akan lagu- lagu masa kecilnya (seperti Balonku, Bangun tidur, Tamasya, dan lain-lain), kemudian memperkenalkan lagu-lagu berbahasa Inggris.

Demikian pula pada pertemuan-pertemuan berikutnya, mereka terus dimotivasi disamping diberikan materi pelajaran semenarik mungkin yang bisa saya lakukan. Seperti biasanya saya menyelipkan lagu-lagu untuk menarik perhatian mereka. Lagu-lagu itu saya ciptakan sendiri dengan memakai irama lagu yang familiar, tentunya. Dan hasilnya? Cukup menggembirakan. Cara ini membantu mereka untuk tahu dan hafal arti dari kata-kata yang ada dalam teks lagu tersebut juga pandai melafalkan dan menyanyikannya.

Ada yang lebih menggembirakan lagi, ketika saya asik menyampaikan atau menjelaskan materi pelajaran, mereka meminta untuk menyanyi. Rupanya mereka enjoy dengan lagu-lagu berirama mudah yang mereka pelajari dari saya sebagai gurunya, semacam ketagihan ya…? Ketika anak-anak sudah request untuk bernyanyi, saya pun mengabulkannya. Saya senang bernyanyi bersama mereka walaupun sebenarnya saya tidak pandai menyanyi, he.

O ya, sesekali mereka diminta untuk bernyanyi di depan kelas. Untuk tampil bernyanyi, anak- anak ABG seperti mereka menyambut dengan gembira. Mereka tampil dengan gayanya masing- masing.

Alhamdulillah…

Berikut contoh lagu- lagu yang sering dinyanyikan ketika pembelajaran Bahasa Inggris di kelas saya.

Animals

Lirik lagu : Eti Nurhayati

Irama lagu : Disini senang disana senang

I Have a pigeon

You have a rabbit

We have a cat,a duck, a horse and sheep

I have butterfly

You have a mouse, a snake and a tiger

Reff: I can see your rabbit, you can see my pigeon,

we can see some animals and we have them.

Places

Lirik lagu : Eti Nurhayati

Irama lagu : Tamasya

I go to Supermarket to buy something that I need

You go to post office to send your letter

We go to our school to study together

Hello my friend, where will you go later?

Months in a year

Lirik lagu : Eti Nurhayati

Irama lagu : Balonku

January, February

March, April, May and June

July, August and September

October and November

December is the last month…YES!

January is the first

We must know all of the Months

which are in the calendar

Demikianlah salah satu pengalaman saya mengajar Bahasa Inggris.Berdasarkan pengalaman tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa lagu dapat membuat pembelajaran Bahasa Inggris lebih menyenangkan bagi siswa.

___________________

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

It's wonderful that song. Ngajar di mana bu. Metode yg good

04 Apr
Balas



search

New Post